Selasa, 14 Agustus 2018

Penyembuhan Pasca Persalinan Normal

Assalamu'alaikum,Wr.Wb

Alhamdulillah persalinan berjalanan lancar walau melalui yang namanya induksi. Selesai persalinan, perjuangan ngga sampai disitu. Kebetulan aku tinggal di rumah ortu walau tetep stress mah ada, nangis2 karna ASI ngga keluar2 belum lagi penyembuhan pasca persalinan yang buat aku ngga berani ngapa-ngapain, berdiri pun aku enggan.
Waktu selesai lahiran aku ngga kepo soal jahitan ku berapa banyak, mau kaya gmana, bidan pun cuma kasih tau dijahit luar dalam. Yang kepo itu mama, kata bidan aku 10 jaitan !

Yang aku lakukan pasca melahirkan :
1. Karna aku takut berdiri apalagi jalan jadilah kaki ku bengkak. Katanya penyebabnya efek ngga mau jalan, akhirnya aku dibeliin sendal yang tajam-tajam itu biar ngga bengkak dan katanya biar kakinya ngga injek lantai, dingin.
2. ASI ku baru keluar di hari ke 3, jadi aku minum yang namanya MOLOCO alhamdulillah ada hasil. Trus aku dikasih katuk semangkok gede sekali makan non stop, kadang di kasih sayur bening. Aku ngga makan sambel selama sebulan lebih entah mindset atau gmana ngaruh ke Huma chan.
3. Korset, aku kalau ngga dimarahin ngga akan pake. Trus aku pake juga cuma bentar, faktor gatel juga sih. Ngga tahaaaan !
4. Paling penting sembuhin jaitan, aku itu baru pertama kali ngerasain dijait jadi aku ati-ati banget, padahal Pak Suami udah bilang "udah sih ngga usah lebay, ngga akan ke buka. Ini mas kan udah pernah ngerasain". Tetep aja aku seminggu BAK dan BAB berdiri. Aku nanya-nanya ke temen ku, pake betadine itu ada 2 cara tapi aku pake cara yang pertama :
  • Kasih air di gayung trus kasih 3 tetes betadin, diaduk-aduk, udah deh diguyur
  • Yang ini kenapa ngga ku pake, soalnya ada temen ku yang bilang kalo nyut-nyutan. Baskom di kasih air, kasih 3 tetes betadin, terus jaitannya kita rendem disitu.
Selain betadine gue pake daun sirih, daun sirihnya dimasak sampe mendidih, kita diemin sampe anget baru dipake. Katanya kalo pake sirih jadi buat ngga gatel. Alhamdulillah sih ngga gatel hehe.
5. Jamu guys ! Udah lama aku ngga minum jamu, terakhir minum jamu sebelum nikah. Mungkin pas kuliah itu juga buatan mama, kunyit asem. Aku minum kunyit asem dan beras kencur.
6. Spa ala-ala di rumah. Nyokab beli rempah-rempah dipasar terus di rebus, abis itu spa ala-ala deh di rumah.
7. Udah sekitar sebulan, udah stressnya dan akan pulang ke rumah jadi aku mau refreshing. So, aku ke salon buat perawatan deh.

Semoga tips penyembuhannya bermanfaat, stay positive ! :)

-ESA-

Tidak ada komentar:

No TV, No Gadget

Assalamu'alaikum, Wr.Wb Pindah rumah itu berarti adaptasi lagi dan lagi, ngga cuma lingkungan tapi kondisi rumah pula. Alhamdulillah...