Kamis, 30 Desember 2010

GLORY !

Semalem adalah Final AFF 2010 second leg yang di adaakan di GBK, walau tak nonton langsung hanya nonton di layar kacar bersama orangtua tapi aku bisa merasakan walau hanya nonton di tipi . GBK seperti lautan merah, lagu INDONESIA RAYA membuat ku merinding walau hanya di tipi dan saat pertandingan di mulai itu yang sangat mendebarkan bagi INDONESIA .
Sebelumnya saat pertandingan first leg di Bukit Jalil, itu sangat mengecewakan bukan INDONESIA tapi Malaysia . Mereka emank menang 3 - 0 tapi kemenangannya karna suatu eksiden yang membuat kecewa yaitu yang paling utama LASER !
Second leg yang ditunggu itu akhirnya datang ! pertandingan pertama perolehan skore 0 - 0 dan disaat pertandingan ke - 2 Malaysia memasukan gol sehingga gawang INDONESIA sudah tak "perawan" tapi akhirnya INDONESIA memasuki 2 gol jadinya pertandingan diakhiri dengan 2 - 1 . Kita menang di Leg ke-2 tapi tetap aja M
alaysia yang juara :( but congrats for Malaysia ! tapi kita warga INDONESIA lebih bahagia karna 2 - 1 is a fairplay, doesn't like 3 - 0 is a laser !!!! woooooo walau timnas kalah tapi mereka tetap kbanggaan kami, we ❤ you timnas INDONESIA ! perjuangan mu sampai saat terakhir membuat kami terharu !!

Thanks for my the first award from Adi Chimenk

Rabu, 15 Desember 2010

Pengenalan tentang Database & SQLite

Database (indonesia : basisdata) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehinggan dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query database disebut Manajemen Sistem Basisdata (Database Manajement System, DBMS).

Alasan perlunya database

· Basis data merupakan salah satu komponen penting dalam system informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.

· Basis data menentukan kualitas informasi : akurat, tepat pada waktunya dan relevan. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.

· Basis data mengurangi duplikasi data (data redudancy).

· Dengan mengaplikasikan basis data hubungan data dapat ditingkatkan.

· Basis data dapat mengurangi pemborosan tempat simpanan luar.

Contoh Kasus :

Dalam suatu Program Studi Teknik Informatika pada suatu Universitas, ingin mengadakan sensus mengenai biodata masing-masing mahasiswanya. Biodata tersebut berisikan : NPM, nama mahasiswa, alamat dan jenis kelamin. Data akan diambil berdasarkan hasil sensus dari tim sensus biodata. Coba anda bayangkan berapa banyak kertas yang dibutuhkan untuk diisikan data-data tersebut diperlukan (mencari biodata sorang mahasiswa), akan membuang waktu yang cukup lama untuk mencarinya.

Jika dibandingkan dengan cara berikut, tim sensus biodata tersebut hanya membawa sebuah Notebook. Dan mengisikan biodata masing-masing mahasiswa ke dalam sebuah database Biodata Mahasiswa yang sebelumnya telah dibuat oleh tim tersebut. Bukankah akan lebih banyak menghemat waktu dan biaya ?

SQLite

SQlite merupakan sebuah database OpenSource seperti halnya MySQL, Firebird, dan lain-lain. Dengan ukuran file yang sangat kecil SQLite layak dipertimbangkan untuk pemilihan sebuah database relasional (RDBMS). Di dalam pustaka SQLite terdapat beberapa fasilitas yang dapat kita gunakan untuk memanipulasi data ataupun mendefinisikan data. Menggunakan SQLite (pada Windows XP). Setelah anda men-download-nya, kemudian anda extract file zip tersebut di mana saja. Dan copy filesqlite3.exe hasil extract tadi ke dalam director C:\WINDOW\system32. Buatlah sebuah direktori baru dengan nama bebas (contoh : basisdata) di dalam drive D: (kalau tidak ada silahkan diganti dengan drive lain seperti C: dll) yang nantinya akan digunakan untuk tempat menyimpan file database yang akan kita buat. Kemudian anda buka command promt melalui Start menu – All Program – Accessories – Comand Prompt. Kemudian masuklah ke direktori basisdata pada drive D: yang telah dibuat sebelumnya.

Membuka dan Membuat Database

Membuat database dalam SQLite bisa dilakukan dengan cara mengetikkan :

sqlite3 test.db Kemudian jika kita akan menutupnya cukup dengan mengetikkan :

.quit

Jika anda ingin membuka kembali database file yang telah dibuat sebelumnya. Lakukan langkah-langkah seperti di atas (mengetikkan nama database file yang telah tersimpan, contoh : sqlite3 test.db).

Senin, 13 Desember 2010

Kesibukan di akhir tahun -,-

Huwaaaa, begini rasanya jadi aktivis di kampus dan ini juga belum seberapa dari pada para atasan aku ckck . Setelah UTS langsung blajar atau remedial dan Alhamdulillah tidak ada yang remedial walau ada yang hampir hehe tapi lebih baik ikut remed lahh dari pada nilai jeblok haha dan berhubung 10 Januari aku pun udah mulai UAS jadi smua dosen mungkin pada kejar target kali yaa hampir stiap minggu ada tugas makalah -,- tapi untungnya makalah yang harus ku presentasikan ga berbarengan jadi ga kteteran buat ngerjainnya .

Selain bertempur dengan banyaknya tugas, aku di sibukkan dengan kegiatan ku di kampus selain menjadi mahasiswi :) Setelah kegiatan bareng ma BEM FTMIPA, sekarang lagi di adain sharing bareng BEM FTMIPA dan para kaderisasi stiap unitas tadinya aku sempet sedikit kesal tapi untung ada bank Udje yang nasehatin aku buat semangat dan bersabar karna masa jabatan ku yang di unitas tinggal 3 bulan lagi, thanks yaa abank :D dan di unitas sendiri lagi sibuk untuk mengurus stand yang diadakan buat slama sbulan ini moga aja sukses dan bisa di lanjutkan, sukses buat KWH !! dan setelah ini aku, Liong, Methong, Mas Affan dan ade ikut kegiatan menjadi panitia LKM bareng BEM FTMIPA :D

Klo di pikir-pikir 3 bulan hanya sebentar tapi Kaderisasi TI belum berbuat apa-apa, huhu walau klo di pikir kader cuma bergerak di awal dan di akhir tapi ga gitu juga kok, pengen ngejalanin proker tapi pada sibuk masing-masing -,- Setelah masa jabatan habis pengen rasanya ikut BEM U jadi Next Generation from BEM U :D ahhay setelah bergaul dengan para senior dan seangkatan yang di BEM U, seru dan berbeda sama yang di unitas apalagi setelah denger cerita dari bank Udje atau Kak Cahyo . Walau libur ga ada kuliah slalu nyempetin ke kampus hanya untuk jaga kandang, belom lagi pulang malem tapi kuliah dan ibadan jalan trusss !! doakan aku yaa abank dan kakak-kakak niat buat ikut BEM U bulat karna masih bimbang ~

Rasanya ingin cepet-cepet akhir tahun, I NEED REFRESHING !! spirit to me :D

NB : Thanks buat Bank Udje yang stia mendengar kluhan ku dan kasih semangat, kotem yang menghibur scara langsung atau by message, ka vini yang smangatin ku juga and all my friends at F class :D geng gong !! :**