Minggu, 22 Oktober 2017

ASI BANYAK, BOOSTER ASI ?

Assalamu'alaikum, Wr.Wb :)
Jadi ibu baru yang buat ku stress itu ya ASI, soalnya ASI belum keluar setelah melahirkan. Stressnya jangan ditanya, apalagi Huma Chan termasuk kuat menurut aku micunya. Dukungan suami dan keluarga bener-bener aku butuhin saat masa-masa itu, apalagi bumer ngga tega cucunya nangis dan suruh kasih sufor untung pak suami tetep ngga ngebolehin.


Di kala ke stressan ku karna ASI belum keluar dan Huma Chan belum bisa pelekatan dengan baik, aku usaha makan katuk semangkok 3 kali sehari dan setiap hari sampai aku bosan dan pengen nasi goreng, akhirnya mama ku tetep kasih katuk di nasi goreng ku.

Di hari ke 2 Huma Chan di rumah, sepupu ku bawain kaya pelancar ASI namanya MOLOCO. Aku coba minum sekali dan aku juga tetep usaha pumping, Alhamdulillah ada pencerahan keluar sedikit. Alhamdulillah di hari ke 3, ASI pun ngerembes-ngerembes dan tinggal stress pelekatannya sampe sekitar sebulanan baru berhasil.

3 bulanan lebih ngga lepas yang namanya daun katuk, oh iya moloco aku cuma minum 2 kali aja. Terus 3 bulan ke atas aku makan sayur apapun yang penting dalam sehari aku makan sayur. Karna Huma Chan menurut ku micuny kuat, maagh ku hampir akut karna kelaperan. Jadi, aku ngga bisa kelaperan selalu harus ada makanan di dekat aku. Mulut tak bisa berhenti ngunyah, masa-masa bahagia makan banyak tapi kurus ya saat mengASIhi.

Pengalaman saat puasa, aku cari tau cara ASI tetap banyak saat puasa. Awalnya aku makan kurma aja terus ada minuman yang lagi hits yaitu kurma susu dan aku coba beberapa kali trus aku juga minum booster ASI, tapi ngga pengaruh apa-apa. Pak suami pun ngga maksa harus puasa, tapi Alhamdulillah batal 5. Mama juga ngomong "udah ngga usah dianeh-anehin. Ya yang bagus kurma itu langsung dimakan".

So, sampai saat ini Huma Chan 9 bulan aku cuma mengandalkan makanan yg sehat dan bergizi tanpa minum booster ASI apapun. ASI ku ngga sebanyak orang-orang yang bisa menuhin frezeer, waktu kerja aku pumping juga kejar-kejaran. Ya aku mikirnya, ASI ku ngga berlimpah ruah tapi Insya Allah tercukupi untuk Huma Chan. Kiat-kiat dari aku ASI banyak dari pengalaman ku :
1. Positif thinking
2. Percaya kalau ASI cukup untuk anak kita
3. Makanan sehat dan bergizi
4. Makan sedikit tapi sering :D
5. Kalo saat puasa, saat saur dan bukan makan kurma ganjil, trus minum air putih yang banyak, makan nasi beserta sayur dan lauk, buah, minum susu juga boleh kalo masih nampung.

Sekian tips sesuai dari pengalaman ku.

Tidak ada komentar:

No TV, No Gadget

Assalamu'alaikum, Wr.Wb Pindah rumah itu berarti adaptasi lagi dan lagi, ngga cuma lingkungan tapi kondisi rumah pula. Alhamdulillah...